Rabu, 13 April 2016

Penyuluh Perikanan se-Kab. Bangka Barat Mengikuti Bimtek Diversifikasi dan Pengemasan Produk Perikanan


Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bangka Barat mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Diversifikasi dan Pengemasan Produk Perikanan selama tiga hari, yaitu pada hari Senin-Rabu, tanggal 11-13 April 2016 di Roemah Keboen, Muntok, kabupaten Bangka Barat.


Kegiatan ini dibuka oleh Bapak Bupati Bangka Barat dan diikuti oleh sekitar 30 orang pengolah perikanan dari Kecamatan Muntok dan Kecamatan Tempilang, serta penyuluh perikanan (penyuluh PNS dan penyuluh PPB) yang ada di wilayah Kabupaten Bangka Barat.


Pada kegiatan ini dihadirkan beberapa narasumber. Ada dari KKP, rumah kemasan @Bandung, Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi serta Dinas Kesehatan dari Kabupaten Bangka Barat.

Narasumber di kegiatan ini ada yang berasal dari KKP, yaitu Ibu Devi yang bekerja di Direktorat Jendral Penguatan Daya Saing Produk Perikanan dan Kelautan di Direktorat Bina Mutu dan Diversifikasi Produk Perikanan.  Beliau menjelaskan tentang teknologi pengolahan ikan beserta hasil olahan ikan dan turunannya, dan pengantar pengemasan produk.


Sedangkan dari narasumber rumah kemasan @Bandung yaitu mas Hendra Gautama Putra memberikan materi tentang tata cara membuat kemasan sesuai jenis produk dan bahan kemasannya. Antusiasme peserta begitu tinggi, baik dari peserta pengolah maupun penyuluhnya. Mereka bersemangat mempraktekkan bagaimana cara membuat kemasan dari bahan plastik, kertas minyak maupun karton yang dibuat menjadi berbagai macam bentuk.


Di hari terakhir peserta mendapat materi tentang perkoperasian dari Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi serta materi tentang PIRT, masalah pangan, label halal dan kehigienitasan suatu produk dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Barat.
Semoga dari kegiatan bimtek ini para pengolah dapat menerapkan dan mempraktekkan ilmu yang didapat dalam mengembangkan usahanya agar produksinya berkualitas lebih bagus dan diterima di pasaran. Sedangkan bagi penyuluh perikanan ilmu yang didapatkan tersebut dapat disebarluaskan dan dipraktekkan pada pengolah prroduk perikanan dan kelautan yang ada di wilayah binaannya masing-masing.

salam perikanan..semangad luhkan..jayalah Indonesia..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar