Jumat, 15 April 2016

Anjangsana ke Pembudidaya di Desa Airgantang (Part 2)


Anjangsana kali ini masih di laksanakan di Desa Airgantang Kecamatan Parittiga tepatnya di jalan Kebun Ubi Dusun Penganak. Wilayah Kebun Ubi memiliki jalan yang relaif sulit dijangkau dengan sepeda motor biasa, dalam hal ini yang biasanya saya pakai untuk ke lapang. 


Alhasil dengan di antar suami dan anak, kami menuju wilayah binaan saya ini dengan mengendarai mobil. Sesampainya di rumah ketua RT Kebun Ubi yaitu Sofan yang tenyata masih sangat muda dan memiliki semangat yang tinggi untuk memajukan desanya, kami berganti kendaraan dengan memakai motor Xtrail milik pak RT. Hal ini dikarenakan medan yang sulit dijangkau disaat musim hujan, jalanan tidak beraspal, berupa tanah merah yang licin dan berpasir.


Kami menuju salah satu rumah warga di wilayah ini yang memiliki kolam bekas galian tambang timah di depan rumahnya. Beliau pernah melakukan budidaya dengan karamba tancap, tapi seringkali tidak berhasil karena ikan yang dipelihara sering hilang dicuri orang. Hal ini disebakan karena letak kolam yang memang persis di pinggir jalan utama di desa tersebut, serta seringkali orang sengaja memancing di kolam bekas galian timah tersebut.


Para pemuda di Kebun Ubi berencana menghidupkan kolam bekas galian timah yang dirasa memiliki kesesuaian tempat untuk usaha budidaya ikan air tawar. Jadi mereka dengan swadaya sendiri berencana mengembangkan budidaya ikan air tawar di kolam bekas galian timah tesebut. Semoga niat baik mereka untuk mengembangkan dan memajukan desanya dapat terlaksana dan terealisassikan dengan lancar dan sukses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar