Rabu, 15 Februari 2017

Pembekalan Akses IPTEK dan Informasi Bagi Penyuluh Perikanan


Pada hari Senin-Selasa, 13-14 Februari 2017 diadakan pembekalan Akses IPTEK dan Informasi bagi Penyuluh Perikanan di Loka Pemeriksaan Penyakit Ikan dan Lingkungan (LP2IL) di Serang Banten. Kegiatan ini diselenggarakan oleh KKP bidang Pusat Pelatihan dan Penyuluhan KP.
Salah satu upaya dalam pemberdayaan masyaraka pelaku utama/ usaha Kelautan dan Perikanan (KP) dilakukan melalui kemudahan akses terhadap inovasi KP yang dihasilkan unit kerja KKP UPT KKP sumber inovasi KP tersebar diberbagai wilayah di Indonesia.
Salah satu kendala yang sering dihadapi pembudidaya ikan/udang yaitu serangan penyakit yang mengurangi keuntungan usaha bahkan sangat merugikan. Penyuluh perikanan berperan penting membantu pelaku utama/usaha dalam identifikasi penyakit, pencegahan dan bahkan penanggulangan penyakit ikan/udang di wilaya kerja masing-masing. Ragam penyakit ikan/udang, pemeriksaan, cara pencegahan dan teknik penanggulangannya serta kesehatan lingkungan perlu dikuasai penyuluh perikanan.


Pemerintah pada tahun 2017 mengalokasikan 110 triliun untuk pemerataan ekonomi dalam bentuk Kredit Usaha Rakat (KUR). Plafon KUR sektor KP sebesar 6 triliun perlu didukung oleh penyuluh perikanan untuk membantu memfasilitasi akses pembiayaan bagi pelaku utama/usaha KP.



Guna meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan wawasan penyuluh perikanan terhadap upaya pencegahan dan penanggulangan terhadap penyakit ikan/udang dan akses pembiayaan usaha KP, BPSDM KP menginisiasi kegiatan Pembekalan Akses IPTEK dan Informasi agi Penyuluh Perikanan. Selain itu akan disampaikan juga informasi akses pembiayaan usaha KP.



Untuk lebih menyebarluaskan materi pembekalan akses IPTEK dan informasi kepada penyuluh perikanan dan masyarakat KP, pada kegiatan ini akan disiarkan langsung melalui video conference dan fasilitas video streaming dari lokasi kegiatan.


Materi Kegiatan Pembekalan Akses IPTEK dan Informasi Pembiayaan Usaha KP Bagi Penyuluh Perikanan adalah:
-       Anatomi dan Fisiologi Ikan dan Udang
-       Manajemen Kesehatan Ikan dan Lingkungan budidaya
-       Hama Penyakit Ikan dan Udang
-       Diagnosa Klinis dan Pemeriksaan Penyakit secara Sederhana
-       Informasi Akses Pembiayaan Usaha KP
-       Pengambilan Sampel dan Pengukuran Fisik Kualitas Air
-       Pengambilan dan Pengawetan Sampel Ikan yang Sakit
-       Pemeriksaan Mikroskopis Sederhana



Narasumber Kegiatan bimbingan teknis pendampingan kelompok dalam rangka mendukung peningkatan produksi kelautan di Batam tahun 2016 adalah:
-       Kepala Pusat Pelatihan dan Penyuluhan Kelautan dan Perikanan
-       Kepala Bidang Pemberrdayaan Masyarakat
-       Perekayasa Loka Pemeriksa Penyakit Ikan dan Lingkungan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar