Jumat, 05 Agustus 2016

Rembug Tani di masing-masing Desa di Kecamatan Parittiga


Tujuan dari rembug tani ini adalah tertampungnya keluhan, aspirasi dan usulan dari pelaku utama/ pelaku usaha di bidan pertanian, perikanan dan kehutanan yang ada di masing-masing desa di Kecamatan Parittiga.

Pelaksanaan rembug tani diadakan mulai hari Senin, 1 Agustus sampai dengan Jum'at 5 Agustus 2016 dimana dalam satu hari diadakan di dua desa. Senin, 1 Agustus 2016 di desa Bakit dan Desa Semulut. Selasa, 2 Agustus 2016 di desa Airgantang dan desa Kelabat. Rabu, 3 Agustus 2016 di desa Puput dan desa Sekarbiru. Kamis, 4 Agustus 2016 di desa Teluklimau dan desa Cupat dan terakhir hari Jum'at, 5 Agustus 2016 di desa Kapit dan desa Telak.

  Penyampaian materi tentang rencana kerja masing masing dinas tekait di bidang perikanan, pertanian dan kehutanan, seperti: bantuan benih ikan lele dan kerapu, bibit sapi, bantuan mesin kapal, alat bantu tangkap ikan, pelatihan bagi pembudidaya ikan, proram bioflok, KJA, pelatihan lada karet dan sawit untuk petani, bibit sawit dan karet. Materi dari BKP3 dalam hal ini diwakili oleh KJF wilayah kecamatan Jebus dan Kecamatan Parittiga yaitu Bapak Suveriyadi


Sesi tanya jawab antara pelaku utama/ pelaku usaha dengan penyuluh yang wilayah binaannya di desa tersebut, baik di bidang pertanian, perikanan dan kehutanan. Hal ini bertujuan agar dapat diketahui kendala dan permasalahan yang dihadapi pelaku utama/ pelaku usaha baik di bidang pertanian, perikanan dan kehutanan, potensi yang ada di masing-masing desa yang ada serta masukan/ aspirasi dan kebutuhan apa saja yang diperlukan di desa tersebut. selanjutnya disinkronkan dengan rencana kerja dari masing-masing instansi terkait yang ada seperti Dinas Pertanian, Perkebunan, Kehutanan, Peternakan maupun Kelautan dan Perikanan.

Diharapkan dengan adanya kegiatan rembug tani ini masyarakat didesa tersebut dapat mengenal penyuluh pendamping didesanya tersebut, serta jika terdapat suatu permasalahan bisa ditemukan solusi untuk mengatasinya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar