Kamis, 12 Desember 2013

Hari Nusantara 2013 di Bangka Barat

Berawal dari Deklarasi Juanda 1957, yaitu "Bangsa Indonesia menjadi negara kepulauan sebagai konsepsi kewilayahan untuk mewujudkan wawasan Nusantara", peringatan Hari Nusantara digelar. Setiap tahun, acara diadakan di tempat berbeda yang identik dengan potensi baharinya.

Hari Nusantara 2014 yang rencananya dipusatkan di Kabupaten Kotabaru, sekitar 350 km sebelah tenggara Banjarmasin, Ibukota Provinsi Kalimantan Selatan, akan didukung oleh 12 Kementerian. 

Sementara itu, Hari Nusantara 2013 yang puncak peringatannya digelar di Palu, Sulawesi Tengah, pada 13 Desember 2013, mengusung tema potensi pariwisata Indonesia yakni "Setinggi Langit Sedalam Samudera, Potensi Pariwisata dan Kreativitas Nusantara yang Tak Terhingga".



Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu, saat membuka rangkaian peringatan Hari Nusantara, mengatakan, "Tema yang diangkat untuk Hari Nusantara tahun ini adalah `Setinggi langit sedalam samudera potensi pariwisata dan kreativitas Nusantara yang tak terhingga`,".

Tahun ini peringatan Hari Nusantara 2013 diadakan di Palu, Sulawesi Tengah. Acara yang berpuncak pada 13 Desember 2013 memiliki banyak rangkaian kegiatan.

File:Teluk Palu, Sulawesi Tengah.jpg

"Ada seminar nasional dan bincang tentang laut, gelar seni budaya, pameran produk, tarian serta musik dengan tema bahari," tutur Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu dalam konferensi pers Hari Nusantara 2013 di Ruang Pulau Bidadari, Mercure Hotel Ancol, Jakarta Utara, Senin (10/6/2013).


Sedangkan mengapa dipilih Sulawesi Tenggara adalah sebagian besar kawasan di sana adalah bahari. Bisa dibilang, Sulteng sebagai provinsi maritim. Melengkapi keseruan acara,  ada parade kapal perang di sana.



Ada banyak kegiatan mewarnai perayaan Hari Nusantara tahun ini, diantaranya adalah atraksi wisata, seminar nasional dan bincang tentang laut, gelar seni budaya, pameran produk, tarian, serta musik dengan tema bahari.


Tema yang diangkat untuk acara ini adalah “Setinggi Langit Sedalam Samudera, Potensi Pariwisata dan Kreativitas Nusantara yang Tak Terhingga”. Tema ini mendeskripsikan kekayaan dan keberagaman potensi sumber daya bahari Indonesia yang memberikan manfaat tak terhingga, baik dari aspek ekonomi, sosial, maupun budaya. Selain itu, tema Hari Nusantara tahun ini dimaksudkan untuk memotivasi masyarakat untuk menggali dan menggerakkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif guna membangun masa depan bangsa.


Ada acara pendukung yang tak kalah menarik dalam Hari Nusantara 2013, yaitu Indonesia World Underwater Photo Contest 2013 dan Indonesia Fishing Tournament yang terbuka untuk umum. Selain itu, ada pula pemilihan Putera dan Puteri Laut, kegiatan bersih-bersih laut dan penanaman hutan bakau terkait penyelenggaraan event tahunan tersebut. Melengkapi kemeriahan acara, rencananya akan ada parade kapal perang di Teluk Palu.

Sedangkan peringatan Hari Nusantara 2013 yang ke-14 di Kabupaten Bangka Barat diadakan di pantai Tanjung Ular Kecamatan Muntok dengan tema “Setinggi Langit Sedalam Samudera, Potensi Pariwisata dan Kreativitas Nusantara yang Tak Terhingga”. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 12 Desember 2013.


Pantai Tanjung Ular berada kurang lebih sekitar 15 km dari kota muntok kabupaten Bangka Barat,jalannya yang berliku-liku sepanjang 5 km untuk menuju objek wisata Pantai tanjung ular bagaikan seekor ular. untuk saat ini di objek wisata pantai tanjung ular masih belum tersedia fasilitas seperti toilet, dan lain-lain, semua pengunjung membawa sendiri semua kebutuhan mereka. 


Pada peringatan hari Nusantara 2013, Bapak Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Barat yaitu Bapak Ramli Ngadjum mengajak masyarakat melalui peringatan Hari Nusantara, semua pihak untuk meningkatkan semangat pengabdian, etos kerja dan pelayanan kepada masyarakat. diharapkan semua elemen untuk ikut serta bergerak bersama dan konsisten memperjuangkan cita-cita bangsa, sehingga mampu menumbuhkembangkan kreatifitas melalui pemberdayaan potensi bahari.



Adapun kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Kelautan danPerikanan Kabupaten Bangka Barat dalam rangka memperingati Hari Nusantara adalah: pemberian bantuan modal kepada para nelayan di sekitar pantai Tanjung Ular, bersih-bersih pantai, pasar murah, pembagian doorprice serta hiburan kesenian.


Untuk masa yang akan datang pantai tanjung ular ini sangat potensial untuk di kembangkan menjadi wisata bahari. Dengan akses jalan menuju ke kawasan pantai tanjung ular sudah ada, cukup lebar dan telah di aspal. Hal ini tinggal melihat keseriusan dari pihak pemerintah daerah untuk mengembangkan objek wisata tersebut, objek wisata Pantai Tanjung ular sangat cocok untuk wisata akhir pekan bersama keluarga.



Kabupaten Bangka Barat memiliki potensi bahari yang sangat besar dan jika bisa dikelola secara optimal, bersinergi dengan yang lainnya sehingga ke depannya dapat dikembangkan secara bijaksana serta mampu mendukung kesejateraan masyarakatnya. 
sumber: foto koleksi pribadi dan dari indonesiatraveltraveldetik.comantaranews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar