Rabu, 04 Mei 2016

Mengikuti Seminar Nasional Ke-VI di Universitas Brawijaya Malang


Dalam rangka peningkatan kualitas SDM tersebut, khususnya SDM Aparatur, salah satu upaya penting yang diusahakan terus-menerus dilakukan adalah peningkatan SDM melalui Diklat, Seminar, Pelatihan ataupun Bimbingan Teknis (bimtek). Sehingga sebagai penyuluh perikanan sangat diperlukan juga untuk berperan aktif dalam kegiatan di atas agar kualitas SDMnya meningkat.

Hasil penelitian bidang perikanan dan kelautan sangat diharapkan mempunyai peran penting dalam upaya pengelolaan sumberdaya laut Indonesia. Konsep Indonesia sebagai poros maritim merupakan salah satu strategi pengembangan dan pembangunan yang secara garis besar dapat dimaknai sebagai upaya memaksimalkan potensi laut Indonesia untuk kemakmuran bangsa. Hasil kajian ilmiah bidang perikanan dan kelautan di Indonesia diharapkan dapat menjadi salah satu data dan informasi dasar dalam mengembangkan konsep Indonesia sebagai poros maritim.


Kegiatan Seminar Nasional Perikanan dan Kelautan yang diselenggaranakan oleh Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya ini merupakan kegiatan tahunan, sekaligus merupakan rangkaian kegiatan Dies Natiles Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya yang diharapkan mampu menjadi wadah para peneliti perikanan dan kelautan di Indonesia dalam berinteraksi dan menyampaikan hasil-hasil kajian ilmiah bidang perikanan dan kelautan yang dapat membantu pemerintah Indonesia dalam upaya mengelola sumberdaya perikanan dan kelautan secara berkelanjutan. Di tahun 2016, Seminar Nasional Perikanan dan Kelautan ini merupakan kegiatan seminar ke-6 yang bertemakan “Peran Hasil Penelitian Perikanan dan Kelautan dalam Mendukung Indonesia Sebagai Poros Maritim di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN”.

Tujuan mengikuti kegiatan Seminar Nasional Perikanan dan Kelautan VI Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya Malang adalah dalam rangka meningkatkan kualitas SDM penyuluh perikanan, berinteraksi dan menyampaikan hasil-hasil kajian ilmiah bidang perikanan dan kelautan yang dapat membantu pemerintah Indonesia dalam upaya mengelola sumberdaya perikanan dan kelautan secara berkelanjutan.


Sasaran atau peseta Kegiatan Seminar Nasional Perikanan dan Kelautan VI Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya Malang adalah sebanyak 147 orang yang berasal dari seluruh wilayah Indonesia, dimana terdiri dari: peneliti, dosen, swasta, pemerintah dan mahasiswa.


Manfaat dari kegiatan Seminar Nasional Perikanan dan Kelautan ke-6 di Universitas Brawijaya Malang adalah mampu menjadi wadah para peneliti perikanan dan kelautan di Indonesia dalam berinteraksi dan menyampaikan hasil-hasil kajian ilmiah bidang perikanan dan kelautan yang dapat membantu pemerintah Indonesia dalam upaya mengelola sumberdaya perikanan dan kelautan secara berkelanjutan.


Materi Kegiatan Seminar Nasional Perikanan dan Kelautan VI Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya Malang adalah:
Hari Pertama, Selasa 3 Mei 2016 bertempat di Universitas Brawijaya Malang:
-       Pendaftaran ulang atau regristasi dan pelunasan pembayaran pendaftaran baik untuk peserta ataupun pemakalah
-       Pembagian peserta pemakalah menjadi beberapa komisi sesuai dengan bidang yang akan di presentasikan makalahnya.
-       Pembagian peralatan (notebook, pena, map plastik dsb) sebagai alat bantu untuk kegiatan Seminar Nasional Perikanan dan Kelautan ke-6 di Universitas Brawijaya Malang
-       Pemberian informasi denah dan lokasi untuk kegiatan Seminar Nasional Perikanan dan Kelautan ke-6 di Universitas Brawijaya Malang
Hari Kedua, Rabu 4 Mei 2016 bertempat di Gedung Widyaloka dan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya Malang:
-       Pembukaan
-       Menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Universitas Brawijaya Malang
-       Penyampaian informasi dari pihak panitia kegiatan Seminar Nasional Perikanan dan Kelautan ke-6 di Universitas Brawijaya Malang
-       Pidato Dekan Fakultas Perikanan Universitas Brawijaya Malang oleh Bu Diana Arfiati
-       Penyampaian materi inti oleh:
1.   Prof. Dr. Ir. Indroyono Susilo, M.Sc (Pakar Kelautan dan Penginderaan Jauh) - Direktur Sumberdaya Perikanan dan Aquakultur Organisasi Pangan Dunia (FAO) 2011-2014 - Menko Bidang Maritim 2014-2015 - Dewan Pengawas MAPIN
2.   Dari Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia
3.   Dr. Ir. Maftuh, M.Si (Dosen dan Peneliti Bidang Budidaya Perairan FPIK Universitas Brawijaya) - Sekretaris LPPM Universitas Brawijaya
-       Presentasi pemakalah sesuai dengan bidang komisi (kelautan, akuakultur/ budidaya, teknologi hasil perikanan, teknologi penangkapan ikan,agrobisnis perikanan, sumberdaya akuatik, abstrak poster)
-       Penutupan
-       Pembagian sertifikat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar